Manfaat dan Khasiat Pisang Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Manfaat dan Khasiat Pisang Yang Belum Banyak Diketahui Orang
Manfaat dan Khasiat Pisang Sebagai Tanaman Obat


Pisang atau juga gedang (Jawa) adalah buah yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Musa paradisiaca ini biasa dijadikan sebagai makanan tambahan setelah air susu ibu (ASI) oleh masyarakat di pulau Jawa. Selai enak rasanya, pisang ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh yang mengkonsumsinya. Maka tidak heran kalau buah selalu dicari oleh masyarakat kita.

Pisang merupakan tanaman yang tidak memiliki batang sejati Batang terbentuk dari perkembangan dan pertumbuhan pelepah-pelepah yang mengelilingi poros lunak dan panjang. Batang pisang yang sebenarnya terdapat pada bonggol yang tersembunyi di dalam tanah.

Seperti yang kita ketahui, buah pisang banyak memilik manfaat untuk kesehatan. Selain buahnya, bagian lain dari tanaman pisang juga memiliki manfaat. Bagian-bagian yang bisa dimanfaatkan antara lain batang, kulit buah, buah, dan tunas.

Pisang memiliki kandungan kimia yang kompleks. Kandungan tersebut antara lain vitamin (A, B1, dan C), lemak, mineral (kalium, klor, natrium, magnesium, dan fosfor), karbohidrat, dextrose, air dan sukrosa. Masing-masing zat tersebut memiliki manfaat dan peran masing-masing di dalam tubuh yang mengkonsumsinya.

Khasiat dan Manfaat

Pisang memiliki khasiat dan manfaat yang banyak, antara lain :
- Mengobati Diare
- Mengobati perdarahan rahim
- Merapatkan vagina
- Sariawan usus
- Ambeien
- Cacar air
- Telinga dan tenggorokan bengkak
- Disentri
- Amandel
- Kanker perut
- Sakit kuning
- Perdarahan usus besar

* Sumber diambil dan diedit dari Buku Pintar Tanaman Obat